PENTINGNYA MOTIVASI KERJA

Adanya motivasi kerja ternyata berpengaruh besar terhadap kesuksesan seseorang. Motivasi kerja merupakan dorongan dari dalam diri seseorang yang membuatnya tergerak untuk mau melakukan berbagai kegiatan produktif, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Adanya motivasi kerja yang timbul dari dalam diri ternyata berpengaruh besar terhadap kesuksesan seseorang. Seseorang tidak akan berhasil meraih kesuksesan, tanpa adanya dorongan motivasi yang diikuti dengan kemauan serta tekad yang kuat untuk bekerja keras. Karena untuk memperoleh hasil yang memuaskan dibutuhkan adanya proses dan perjuangan yang cukup panjang.

Motivasi kerja yang dimiliki seseorang ternyata dapat mengalami perubahan, terkadang bisa naik dan suatu waktu juga bisa turun. Hal inilah yang menyebabkan seseorang terkadang dapat bekerja dengan penampilan kerja terbaiknya, jika motivasi kerjanya sedang naik. Dan tak jarang pula seseorang bekerja dengan malas–malasan jika kondisi motivasi kerjanya sedang turun. Biasanya motivasi kerja akan turun ketika seseorang merasa tidak puas dengan hasil kerja yang didapatkan. Jika kita mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya yaitu :

Jadikan hasil kerja sebagai tujuan utama

Besarnya hasil kerja atau reward yang diperoleh seseorang, baik berupa materi maupun non materi dapat dijadikan sebagai tujuan utama motivasi kerja. Hal itu akan membuat kita selalu berusaha untuk mewujudkan hasil kerja yang terbaik. Selain itu dengan adanya dorongan motivasi dari dalam diri kita sendiri tersebut, hal tersebut juga akan menjadikan kita bekerja secara optimal guna meraih suatu kesuksesan.

Mengembangkan potensi diri dengan mengikuti seminar

Mengikuti acara seminar (pembelajaran dan pelatihan) dapat meningkatkan kemampuan kerja maupun motivasi kerja yang kita butuhkan, sehingga kualitas kerja kita dapat meningkat dan mendekatkan kita pada tujuan yang kita inginkan atau yang ingin kita capai.

Agendakan aktivitas yang dapat menghilangkan kejenuhan kerja

Aktivitas ini sangat dibutuhkan untuk me-refresh otak kita, misalnya saja dengan kita mengadakan rekreasi bersama atau makan bersama dengan rekan kerja. Hal tersebut dapat menghilangkan kejenuhan kerja yang dapat menurunkan motivasi kita. Selain itu kegiatan tersebut juga dapat mempererat hubungan antar rekan kerja kita. Agendakan aktivitas ini secara rutin, misalnya sebulan 1 kali atau 2 kali.

Komunikasikan masalah pekerjaan yang dihadapi

Biasakan untuk mengkomunikasikan masalah atau kendala dalam pekerjaan yang dihadapi dengan rekan kerja atau atasan, sehingga masalah yang menghambat pekerjaan dapat segera diatasi dan tidak berlarut-larut. Dengan kita terbiasa sharing dengan rekan kerja yang dapat kita percaya atau atasan kita, maka kita akan mendapat solusi yang mungkin tidak pernah kita pikirkan.

Cintai pekerjaan kita

Perasaan cinta akan membuat seseorang melakukan yang terbaik untuk yang dicintainya. Jika kita mencintai pekerjaan kita, maka kita akan melakukan segala upaya untuk melakukan pekerjaan kita dengan upaya yang terbaik, mengerjakan dengan sepenuh hati dan tanpa perasaan lelah. Selain itu, rasa cinta kita terhadap pekerjaan akan membuat kita termotivasi untuk menjalankan pekerjaan tersebut dengan penuh antusias setiap harinya.

Kita harus menyadari pentingnya motivasi terhadap kesuksesan kita, karena dengan motivasi kerja yang tinggi, akan menjadikan seseorang mau bekerja keras. Jadi mulai sekarang, bangun motivasi kerja dalam diri kita masing-masing, pertahankan motivasi tersebut dan kita akan lebih dekat dengan kesuksesan-kesuksesan di karir kita. Yanti

This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply