KEPRIBADIAN ADALAH KEKAYAAN

Anda harus tahu bahwa kepribadian bukan semata-mata takdir. Kepribadian sebagian besar bergantung pada bagaimana usaha Anda dalam menciptakannya. Orang yang memiliki kepribadian yang baik merupakan nilai positif tersendiri bagi orang-orang sekitarnya. Lihat saja, orang yang memiliki kebaikan, toleran, rendah hati, menghargai dan menghormati diri sendiri maupun orang lain pastilah menjadi panutan bagi orang lain baik dalam sebuah instansi, organisasi, maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehari-harinya.

Untuk meraih kesuksesan, seseorang haruslah memiliki kepribadian yang menjadi suri teladan sebagaimana disebutkan beberapa di atas. Seringkali kita menjumpai seseorang yang memiliki kepribadian yang menjadi panutan, sebut saja Mr. X. Dalam sebuah jamuan makan malam banyak orang “penting” (pejabat, pengusaha) hadir, salah satunya adalah Mr. X. Beliau adalah seorang pengusaha muda yang sukses, usianya belum genap 30 tahun. Pada waktu itu, banyak orang berkerumun di suatu sudut, baik pria maupun wanita. Ternyata, saat itu Mr.X sedang berbicara dan semua orang yang mengerumuninya terlihat tengah mendengarkan dan memperhatikannya dengan penuh seksama. Saat itu, seolah-olah semua orang terhipnotis untuk memperhatikan pembicaraan Mr.X. Padahal sebenarnya Mr.X hanyalah manusia biasa seperti kita, namun bedanya beliau adalah salah satu orang yang memiliki pancaran daya tarik kepribadian yang mempesona.

Sebuah kepribadian yang mengagumkan bukanlah suatu hal yang mustahil untuk dimiliki. Daya tarik kepribadian adalah anugerah pemberian Tuhan yang ada dalam diri semua orang.  Hanya saja, sebagian orang mampu merawat dan mengembangkannya hingga terus bersinar terang, sedangkan yang lain hanya mampu mengeluarkan nyala pesona yang redup. Yang mampu merawat dan mengembangkannya akan menjadi kelompok orang yang terkenal, sedangkan yang sisanya hanya menjadi kelompok kerumunan orang biasa. Dale Carnegie menyatakan, “Kepribadian adalah hal yang samar dan sulit untuk diungkapkan, seperti wangi yang ada pada bunga”. Sedangkan Aldous Huxley menambahkan, “Siapa saja yang tahu bagaimana cara membaca dirinya adalah orang yang memiliki kekuatan untuk menampilkan dan mengembangkan eksistensi diri, serta membuat hidupnya penuh makna dan menarik”. Kepribadian mungkin saja merupakan hal yang kompleks dan sulit untuk didefinisikan, akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa kepribadian tidak bisa dimiliki.

Jika Anda termasuk orang yang ingin meraih kesuksesan dalam hidup, menikmati kejayaan, juga mendapat penghargaan dari orang sekitar juga masyarakat, yang harus Anda perhatikan dan lakukan pertama kali adalah menumbuhkan kepribadian yang mengagumkan. Orang yang berhasil dalam pekerjaannya pastilah akan mendapat penghargaan dari orang lain, baik dari atasan, rekan kerja maupun kolega. Akan tetapi, tingkat kesuksesan sendiri tidak terlepas dari seberapa banyak usaha yang telah Anda kerahkan dan bagaimana Anda menyelasaikan tugas tugas Anda. Semua orang dianugerahi bakat yang berbeda tetapi bakat tanpa keinginan sama seperti halnya perahu tanpa dayung.

Rumus untuk meraih sukses

Anda harus mengaplikasikan bakat yang Anda miliki menjadi sebuah tindakan, membangun ketabahan dan kesabaran. Jika Anda menjumpai hambatan, rintangan, celaan, juga kritikan bersikaplah positif dengan menjadikan semua hal itu sebagai pemecut jadi Anda akan lebih bersemangat.

Bekerja keras dan terus belajar

Bekerja keras memang salah satu cara untuk meraih sukses, namun hal itu tidak semata-mata bekerja keras saja akan tetapi harus dibarengi dengan keinginan dan tindakan untuk mau terus belajar menjadi lebih baik. Orang yang mau belajar adalah orang yang membuka diri dan merupakan orang yang dinamis karena dengan begitulah orang bisa meningkat, berkembang juga meraih apa yang menjadi keinginannya termasuk kesuksesan!! Jadi, ciptakanlah kepribadian yang baik karena kepribadian Anda merupakan aset atau kekayaan Anda yang sejati!! Heni

This entry was posted in Budaya Kerja Tiara, Positif Thinking, Success. Bookmark the permalink.

Leave a Reply