11 RAHASIA SEDERHANA BAHAGIA SETIAP HARI (1)

‘Bahagia’. Setiap orang di dunia ini pastilah ingin bahagia dalam menjalani hidup dan hari-hari mereka. Namun definisi dan ukuran bahagia sendiri relatif, bervariasi antara satu orang dengan orang yang lainnya. Sayangnya, banyak orang diantara kita yang acap kali mendefinisikan dan mengukur kebahagiaan itu sendiri berdasarkan ‘pangkat’, ‘predikat’ dan ‘penghargaan’ yang hanya dinilai dari segi materi dan prestasi.

Memang hal itu tak sepenuhnya salah, namun akan lebih bijaksana jika kita mencoba kembali untuk merenungkan apa yang sudah dan akan kita lakukan dalam hidup. Kadang kala, hanya dengan merubah sudut pandang pada kehidupan, kita melihat banyak keindahan yang mungkin selama ini terlewatkan.

Berikut ini adalah rahasia sederhana yang bisa menginspirasi kita mendapatkan kebahagiaan yang selama ini kita cari, seperti disampaikan oleh bapak Andrie Wongso di majalah Luar Biasa :

1. Ubah sudut pandang saat menghadapi masalah

Setiap masalah yang datang menghampiri, kita harus bersikap bijak dengan mencari nilai positifnya. Setelah itu, setelah emosi kita sudah mulai stabil cobalah sesekali untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. Sebab, secara tidak langsung sering kali yang dulu dianggap masalah, ternyata di kemudian hari malah jadi berkah. Misalnya, jika kita diberi lebih tanggung jawab (naik posisi), kita biasanya menganggap beban (masalah), namun setelah kita mampu beradaptasi dan mengerjakannya, banyak sekali manfaat yang diperoleh dan juga penghasilan lebih (berkah). Masalah adalah ujian untuk kita naik kelas, jadi kalau kita bisa menghadapi masalah itu dan menyelesaikannya, maka kita akan naik kelas (level kita naik).

2. Cobalah cari solusi, bukan mencari-cari kesalahan

Tak jarang, setiap kali terjadi masalah kita justru sibuk mencari-cari siapa yang salah, siapa penyebab terjadinya masalah. Akan lebih bijak, jika selalu fokus mencari solusi. Dengan begitu masalah akan segera usai dan tidak akan membebani dan menghantui.

3. Dengarkan musik yang menenangkan

Emosi dan jiwa akan lebih tenang jika mendengarkan musik atau lagu yang menjadi kesenangan. Saat ini sudah banyak terapi musik dimanfaatkan untuk meredam stress. Jadi kitapun bisa melakukannya, pilih lagu atau musik yang tepat yang membuat kita merasa rileks dan nyaman.

4. Sisihkan waktu sejenak untuk membaca artikel penyemangat

Tulisan ringan atau buku yang berisi nilai-nilai positif bisa sangat membantu untuk membuka cakrawala berpikir agar selalu bahagia. Karena itu, carilah bacaan yang bisa benar-benar memberikan pencerahan baik fiksi maupun non fiksi. Buku adalah makanan otak kita!

5. Cobalah tonton film-film komedi

Dengan menonton film-film atau drama komedi kita pasti terpancing untuk tertawa lepas. Tertawa merupakan salah satu terapi penenang yang akan mendatangkan kebahagiaan.

6. Lihat apa yang yang sudah kita kerjakan kita lakukan dan kita hasilkan

Saat tugas menumpuk, beban pikiranpun bertambah. Kerjakan dan selesaikanlah tugas-tugas tersebut satu persatu. Ketika pekerjaan satu demi satu dapat kita selesaikan, coba kita lihat kembali apa yang sudah kita kerjakan, akan ada rasa bangga dan bahagia, karena kita sudah menghasilkan sesuatu, mungkin untuk diri kita maupun orang lain.

untuk rahasia ke 7 s/d 11, kita pelajari hari berikutnya. Heni

This entry was posted in Budaya Kerja Tiara, Motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply