PELAYANAN YANG BAIK

Dalam bekerja, kita akan dihadapkan dengan konsumen. Kita adalah pelayan bagi pelanggan kita, maka kita harus pandai memperlakukan mereka dengan baik agar kita atau perusahaan kita tetap dipercaya oleh pelanggan. Tanpa adanya kepercayaan dari pelanggan bagaimana kita maupun usaha kita bisa maju? Bukankah image diri kita atau nama baik perusahaan diperoleh dari para pelanggan yang sudah merasakan kepuasan terhadap pelayanan kita? Maka dari itu kita semua harus bisa memberikan pelayanan yang baik agar dapat membangun nama baik diri kita maupun perusahaan kita.

DenganĀ  mempunyai pelayanan yang baik akan membuat pelanggan kita jadi banyak, relasi juga banyak, akhirnya tidak menutup kemungkinan akan banyak pihak-pihak atau perusahaan lain yang ingin bergabung membangun kerja sama yang baik dengan kita maupun perusahaan kita.

Pengertian pelayanan yang baik adalah kemampuan diri kita atau perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah di tetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki. Untuk memenuhi standar pelayanan yang baik, dibutuhkan antara lain :

Tersedianya karyawan yang baik

Dengan adanya pimpinan yang baik, sistem yang baik, manajemen yang baik tapi tanpa adanya karyawan yang baik tidak akan bisa memeberikan pelayanan yang baik. Untuk itu perlu adanya bimbingan ataupun motivasi untuk menghasilkan para karyawan yang baik.

Tersedianya sarana dan prasarana yang baik

Dengan adanya sarana dan prasarana yang baik akan sangat membantu karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Di samping itu juga sarana maupun prasarana yang bisa langsung di gunakan oleh pelanggan langsung. Dengan begitu pelanggan akan merasa nyaman dan merasa kebutuhannya terpenuhi.

Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sejak awal hingga selesai

Kita harus bisa memberikan pelayanan sepenuhnya kepada pelanggan tanpa mengabaikannya dan tetap memberikan perhatian yang penuh kepadanya dalam menghadapi keluhan ataupun semua transaksi dari awal dan tidak meninggalkannya sebelum benar-benar selesai.

Mampu melayani secara cepat dan tepat

Melayani secara cepat saja tidak cukup. Kita juga harus cermat agar pelayanan yang kita berikan tidak salah atau tepat agar tidak merugikan kedua belah pihak. Begitupun pelayanan yang kita berikan meskipun tepat sesuai keinginan pelanggan tapi kurang cepat, maka pelanggan akan tidak sabar. Oleh sebab itu pelanggan akan memberikan nilai lebih jika kita bisa melayaninya dengan cepat, tepat pula.

Mampu berkomunikasi

Karyawan yang baik adalah karyawan yang mampu berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan. Mampu mengkomunikasikan info-info yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan, menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan, menjawab keluhan pelanggan dan mengkomunikasikan transaksi yang sedang dilakukan dengan tepat.

Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik.

Sudah jelas kita harus mempunyai pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis yang kita jalankan agar bisa menjawab pertanyaan maupun menyelesaikan keluhan pelanggan. Di samping itu kita juga harus menguasai setiap pekerjaan kita agar bisa melayani pelanggan dengan cepat dan tepat.

Berusaha memahami kebutuhan pelanggan

Kita harus bisa memahami keluhan pelanggan, kebutuhan pelanggan dan selalu care kepada pelanggan agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi.

Mampu memberikan kepercayaan kepada pelanggan

Tanpa adanya kepercayaan suatu hubungan tak akan berjalan lancar. Kita harus memberikan kepercayaan kepada pelanggan karena mereka telah mempercayai kita sebagai tempat yang bisa memenuhi kebutuhannya. Joko

This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply